Bahan Kaos Terbaik Yang Adem Dan Bagus, Mulai Cotton Combed Hingga Yang Paling Murah Bahan PE (Polyster)

Jasasablon.idKaos adalah salah satu jenis pakaian yang paling nyaman dan fleksibel untuk dipakai setiap hari. Selain mudah dicari dan harganya terjangkau, bahan kaos juga memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk digunakan dalam berbagai kesempatan.

Mau Buat kaos dan sablon? Hubungi admin kami sekarang juga!


Bahan kaos merupakan salah satu jenis bahan yang paling nyaman dan fleksibel untuk dipakai setiap hari. Selain mudah dicari dan harganya terjangkau, bahan kaos juga memiliki banyak keunggulan lainnya seperti tahan lama, mudah dicuci, dan tidak mudah kusut.

Bahan kaos juga dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan lainnya seperti katun, lenan, dan spandek untuk menghasilkan kaos dengan kualitas yang lebih baik. Oleh karena itu, bahan kaos adalah pilihan yang tepat untuk digunakan dalam berbagai kesempatan.

Jenis-Jenis Bahan Kaos

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan kain kaos yang sering di gunakan dan populer di indonesia. Mulai dari yang mahal higga yang paling murah.

1. Bahan Kain Kaos Cotton Bamboo

Bahan Kain Cotton bamboo
Image Source By : knitto.co.id

Baik. Mari kita bahas tentang kaos katun bambu. Kaos katun bambu adalah sejenis kain yang dibuat dari campuran serat katun dan bambu. Kain ini dikenal karena lembut dan ramah lingkungan, karena bambu adalah tumbuhan yang tumbuh dengan cepat dan hanya membutuhkan sedikit air dan pestisida untuk tumbuh subur. Kain ini sering digunakan untuk pakaian, alas tidur, dan handuk. Kain katun bambu juga hipoalergenik, sehingga menjadi pilihan populer bagi orang-orang dengan alergi atau kulit sensitif.

Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Kaos Cotton Bamboo

  • Kekurangan Bahan Cotton Bamboo adalah harganya yang mungkin lebih mahal dibandingkan dengan jenis katun lainnya. Hal ini disebabkan karena proses mengekstrak dan mencampurkan serat bambu dengan serat katun dapat lebih pekerjaan intensif dan mahal. Selain itu, beberapa orang mungkin menemukan bahwa kain katun bambu tidak sebreatheable seperti serat alami lainnya seperti katun atau linen, yang dapat membuatnya terasa lebih hangat dan lekat di kulit.
  • Kelebihan Bahan Cotton Bamboo adalah memiliki banyak keuntungan dari menggunakan kain katun bambu. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, ini adalah pilihan yang ramah lingkungan, karena bambu adalah sumber daya yang tumbuh dengan cepat dan dapat diperbarui. Ini juga hipoalergenik dan lembut di sentuh, sehingga menjadi pilihan yang nyaman dan aman bagi orang-orang dengan alergi atau kulit sensitif. Selain itu, kain katun bambu memiliki sifat antibakteri dan antijamur alami, yang dapat membantu menjaga agar tetap segar dan bersih.

2. Bahan Kain Kaos Cotton Combed

Bahan Kain Cotton Combed
Image Source By : knitto.co.id

Bahan cotton combed adalah bahan yang terbuat dari benang kapas yang telah diolah melalui proses combing. Combing adalah salah satu proses pembuatan benang yang dilakukan untuk menghilangkan serat-serat kapas yang pendek atau rusak sebelum dibuat menjadi benang. Proses ini biasanya dilakukan setelah proses carding, untuk menghasilkan benang yang lebih halus dan berkualitas tinggi.

Bahan cotton combed biasanya digunakan untuk membuat baju yang lebih halus dan berkualitas tinggi. Karena sifatnya yang lembut dan halus, bahan ini sering digunakan untuk membuat pakaian formal, seperti kemeja atau jas. Namun, bahan ini juga dapat digunakan untuk membuat baju sehari-hari, seperti kaos atau celana, asalkan dipadukan dengan bahan lain yang lebih kuat untuk meningkatkan daya tahannya.

Terdapat beberapa macam jenis kain cotton combed di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Cotton combed 30s

    Cotton combed 30s adalah benang kapas yang telah diolah melalui proses combing dan memiliki diameter sekitar 30/1. Diameter benang menunjukkan ukuran ketebalan benang, dimana nilai 30/1 menunjukkan bahwa benang tersebut memiliki diameter sekitar 30 benang per satuan panjang (biasanya inci atau milimeter). Semakin kecil nilai diameter benang, maka benang tersebut akan semakin halus dan lembut.

    Benang cotton combed 30s biasanya digunakan untuk membuat baju yang halus dan berkualitas tinggi. Karena sifatnya yang lembut dan halus, benang ini sering digunakan untuk membuat pakaian formal, seperti kemeja atau jas. Namun, benang ini juga dapat digunakan untuk membuat baju sehari-hari, seperti kaos atau celana, asalkan dipadukan dengan benang yang lebih kuat untuk meningkatkan daya tahannya.

  • Cotton combed 24s

    Cotton combed 24s adalah benang kapas yang telah diolah melalui proses combing dan memiliki diameter sekitar 24/1. Diameter benang menunjukkan ukuran ketebalan benang, dimana nilai 24/1 menunjukkan bahwa benang tersebut memiliki diameter sekitar 24 benang per satuan panjang (biasanya inci atau milimeter). Semakin kecil nilai diameter benang, maka benang tersebut akan semakin halus dan lembut.

    Benang cotton combed 24s biasanya digunakan untuk membuat baju yang halus dan berkualitas tinggi. Karena sifatnya yang lembut dan halus, benang ini sering digunakan untuk membuat pakaian formal, seperti kemeja atau jas. Namun, benang ini juga dapat digunakan untuk membuat baju sehari-hari, seperti kaos atau celana, asalkan dipadukan dengan benang yang lebih kuat untuk meningkatkan daya tahannya. Benang ini lebih halus daripada benang cotton combed 30s, sehingga lebih cocok untuk membuat baju yang lebih nyaman dan lembut.

  • Cotton combed 40s

    Cotton combed 40s adalah benang kapas yang telah diolah melalui proses combing dan memiliki diameter sekitar 40/1. Diameter benang menunjukkan ukuran ketebalan benang, dimana nilai 40/1 menunjukkan bahwa benang tersebut memiliki diameter sekitar 40 benang per satuan panjang (biasanya inci atau milimeter). Semakin kecil nilai diameter benang, maka benang tersebut akan semakin halus dan lembut.

    Benang cotton combed 40s biasanya digunakan untuk membuat baju yang halus dan berkualitas tinggi. Karena sifatnya yang lembut dan halus, benang ini sering digunakan untuk membuat pakaian formal, seperti kemeja atau jas. Namun, benang ini juga dapat digunakan untuk membuat baju sehari-hari, seperti kaos atau celana, asalkan dipadukan dengan benang yang lebih kuat untuk meningkatkan daya tahannya. Benang ini lebih kasar daripada benang cotton combed 30s atau 24s, sehingga lebih cocok untuk membuat baju yang lebih kuat dan tahan lama.

Kelebihan Bahan Kaos Cotton Combed

Kelebihan bahan cotton combed adalah sebagai berikut:

  • Lembut dan halus: karena telah diolah melalui proses combing, serat-serat kapas pada bahan ini teratur dan tidak berantakan, sehingga menghasilkan bahan yang lembut dan halus.
  • Tidak mudah rusak: karena telah dibuang serat-serat kapas yang pendek atau rusak sebelum dibuat menjadi benang, bahan ini tidak mudah rusak atau mengempis saat digunakan.
  • Nyaman digunakan: karena lembut dan halus, bahan ini nyaman digunakan untuk membuat baju yang dipakai langsung di kulit.
  • Berkualitas tinggi: karena proses pembuatannya yang rumit dan menggunakan bahan baku yang berkualitas, bahan ini dianggap sebagai bahan tekstil berkualitas tinggi.

Kekurangan Bahan Kaos Cotton Combed

Sedangkan kekurangan bahan cotton combed adalah sebagai berikut:

  • Mahal: karena proses pembuatannya yang rumit dan menggunakan bahan baku yang berkualitas, bahan ini cenderung lebih mahal daripada bahan kapas biasa.
  • Sulit dicuci: karena lembut dan halus, bahan ini cenderung mudah luntur jika dicuci dengan mesin cuci atau disentuh oleh bahan kimia. Oleh karena itu, bahan ini perlu perawatan khusus agar tidak rusak atau luntur.
  • Tidak tahan lama: karena lembut dan halus, bahan ini cenderung tidak tahan lama jika digunakan terus menerus atau terpapar oleh sinar matahari atau cuaca ekstrim. Oleh karena itu, bahan ini perlu diganti secara berkala agar tetap nyaman digunakan.

3. Bahan Kain Kaos Cotton Carded

Bahan Kain Cotton Carded
Image Source By : yabatex.com

Bahan cotton carded adalah bahan yang terbuat dari benang kapas yang telah diolah melalui proses carding. Carding adalah salah satu proses pembuatan benang yang dilakukan untuk mengatur serat-serat kapas menjadi satu arah dan menghilangkan kotoran atau benda asing yang menempel pada serat. Setelah melalui proses carding, serat-serat kapas akan teratur dan tidak berantakan, sehingga mudah dibuat menjadi benang yang halus dan rata.

Bahan cotton carded biasanya digunakan untuk membuat baju yang nyaman dan mudah dikenakan. Karena sifatnya yang halus dan lembut, bahan ini sering digunakan untuk membuat baju dalam, pakaian tidur, atau pakaian bayi. Namun, bahan ini juga dapat digunakan untuk membuat baju luar, seperti kaos atau kemeja, asalkan dipadukan dengan bahan lain yang lebih kuat untuk meningkatkan daya tahannya.

Kelebihan Bahan Kaos Cotton Carded

Kelebihan utama dari bahan ini adalah kenyamanannya yang tinggi, serta kehalusan dan kelembutan serat kapas yang membuatnya nyaman digunakan untuk kulit sensitif. Selain itu, bahan ini juga tahan lama dan mudah dicuci serta harganya lebih murah dari bahan kaos cotton combed.

Kelebihan Bahan Kaos Cotton Carded

Namun, ada juga beberapa kekurangan dari bahan cotton carded. Pertama, bahan ini cenderung mudah menyerap air, sehingga tidak tepat digunakan untuk lingkungan yang lembab atau di daerah yang sering hujan. Kedua, bahan ini juga cenderung mudah luntur jika tidak dicuci dengan benar atau jika tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, bahan ini perlu dijaga agar tetap tahan lama dan terlihat indah.

4. Bahan Kain Kaos PE (Polyster)

Bahan Kain PE Polyster
Image Source By : garmenesia.co.id

Kaos polyester (pe) adalah jenis kaos yang terbuat dari bahan polyester yang disempurnakan dengan lapisan pe atau polyethylene. Polyethylene adalah jenis plastik yang banyak digunakan sebagai lapisan pelindung untuk membuat bahan lebih tahan air dan tahan cuaca. Kaos polyester pe memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan kaos biasa yang terbuat dari bahan polyester saja. Pertama, bahan ini lebih tahan air dan tidak mudah basah jika terkena air hujan atau keringat. Kedua, bahan ini juga lebih tahan cuaca dan tidak mudah rusak oleh sinar matahari atau udara dingin.

Namun, ada juga beberapa kekurangan dari bahan kaos polyester pe. Pertama, bahan ini cenderung kurang nyaman digunakan pada kulit karena teksturnya yang kasar dan tidak selembut kaos biasa. Kedua, bahan ini juga kurang ramah lingkungan karena terbuat dari plastik dan membutuhkan banyak energi untuk diproduksi. Oleh karena itu, bahan ini tidak direkomendasikan bagi mereka yang ingin menghemat sumber daya alam dan memilih produk ramah lingkungan.

“Kaos merupakan salah satu jenis pakaian yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahan kaos yang tepat dapat membuat pakaian ini nyaman digunakan dan tahan lama. Oleh karena itu, pilihlah bahan kaos yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda agar Anda dapat menikmati kenyamanan dan keindahan pakaian ini selama mungkin.”

Demikian artikel penjelasan tentang bahan kaos semoga bermanfaat. Ayo gunakan jasa sablon kaos kami untuk membuat pakaian yang unik dan sesuai dengan keinginan Anda. Kami menyediakan beragam pilihan bahan dan desain yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Dengan jasa sablon kaos kami, Anda bisa membuat pakaian yang indah dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.”

About PT. BOSINDOGROUP INDONESIA

PT BOSINDOGROUP INDONESIA Didukung oleh Digibost Media yang bergerak di bidang Konveksi Sablon & Bordir, Jasa Pembuatan Website, SEO terbaik di Yogyakarta.

View all posts by PT. BOSINDOGROUP INDONESIA

Postingan Terkait

Butuh Bantuan? Chat aja...